Asal-Usul kenapa Kaki Valentino Rossi Suka di turunkan Saat di Tikungan

Asal-Usul  kenapa Kaki Valentino Rossi Suka di turunkan Saat di Tikungan


Jakarta - Pastinya bagi para penggemar Rider MotoGP Valentino Rossi sering memperhatikan idolanya itu sering  menurunkan kaki saat motornya berada di tikungan. Hal itu rupanya berawal pada tahun 2005 saat Rossi Rider rivalnya Sete Gibernau di tikungan terakhir balapan seri Jerez.

Valentino Rossi saat itu melakukan pengereman yang cukup dalam disertai dengan kakinya harus turun sebelah untuk mengendalikan kecepatan motornya. Sejak saat itulah gerakan kaki turun ala  Valentino Rossi yang biasa disebut 'Doctor Dangle' menjadi standar saat para pebalap bermanuver di tikungan.
Melansir Redbull, Kamis (21/9/2017), meski begitu hingga saat ini belum ada penjelasan pasti mengapa para Rider melakukan hal tersebut termasuk dari Rossi sendiri. Ada yang mengatakan itu bisa menambah stabilitas saat mengerem dengan memindahkan pusat gravitasi saat berbelok.
Ada juga yang bilang menurunkan sebelah kaki saat mengerem bisa menambah daya pengereman sehingga lebih cepat saat mengerem dibanding tanpa bantuan kaki. Beberapa bahkan mengatakan hanya mengikuti gaya Rossi saja untuk mengikuti tren.

Tetapi ada salah satu pebalap yang enggan mengikuti tren pengereman dengan kaki itu. Seperti Jorge Lorenzo. Pebalap asal Spanyol itu menyatakan aksi penurunan kaki saat pengereman itu bukan merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan pebalap sekelas MotoGP. Lorenzo lebih memilih untuk melakukan pengereman lebih dulu sebelum tikungan.

Hingga saat ini belum ada aturan yang jelas juga dari penyelenggara MotoGP, Dorna Sports bahwa aksi tersebut ilegal atau tidak. Pebalap juga masih banyak yang melakukan trik menurunkan kaki sebelum berbelok di tikungan

0 Response to "Asal-Usul kenapa Kaki Valentino Rossi Suka di turunkan Saat di Tikungan"

Post a Comment