TRIK DAN TIPS TUNGGANGI MOTOR TRAIL




Untuk melakukan petualangan dengan motocross ada hal - hal yang perlu di perhatikan agar petualangan anda menyenangkan. Apa saja hal - hal yang perlu di perhatikan dalam mengendarai kendaraan motocross.

1. Perlengkapan rider
Sebagaimana telah saya tulis lengkap pada postingan sebelumya. Perlengkapan rider motocross sangatlah vital. Coba anda baca kembali postingan berjudul Perlengkapan rider motocross dan untuk tambahan anda bisa membawa ban dalam cadangan dan tempat minum untuk di perjalanan. 

2. Posisi setang
Setang sebaiknya di tambah raiser agar lebih tinggi. Ini membantu kita pada saat menempuh jalanan keriting dan harus memaksa kita pada posisi berdiri. Usahakan posisi setang lurus dan horisontal, posisi ini akan membuat lengan siku kita mengangkang sehingga membuat pegangan lebih mantap. 
Usahakan posisi handel rem dan kopling menghadap agak ke bawah, ini memudahkan pengoperasian pada saat berdiri.

3. Genggaman tangan
Setang harus di genggam dengan kuat, posisikan jari kita dengan benar. Jari kelingking, jari manis dan ibu jari bertugas menggenggam setang. Sedangkang jari tengah dan telunjuk bertugas menarik rem dan tuas kopling. 

4. Bobot tubuh
Ketika duduk umumnya bobot tubuh kita dari pinggul keatas akan bertumpu pada tulang belakang. Posisi ini selain membahayakan kesehatan juga membuat tubuh cepat letih. Posisi yang benar bobot tubuh terbagi di kedua belah tangan, juga memposisikan tubuh agak bungkuk ke depan dan kedua tangan agak sedikit menekuk alias gaya sombong. Kepala tegak dengan pandangan jauh ke depan dan kaki menjepit tangki. 

5. Menikung
Pndangan mata mengarah jauh ke sudut luar tikungan. Kecepatan dijaga konstan. Setelah motor kembalipada posisi normal anda boleh menambah kecepatan secara perlahan dan bertahap. Untuk mengimbangi berat tubuh, kaki anda bisa di turunkan ke arah dalam tikungan. 

6. Lintasan berbatu
Jika anda menemui lintasan berbatu, posisikan tangan agak menekuk agar dapat meredam guncangan ke tubuh. Berat badan harus di tumpukan ke roda belakang dan usahakan posisi berdiri dari pada duduk. 

7. Menanjak curam
Posisikan badan berdiri dan condong ke depan. Pandangan jangan melihat ke ujung tanjakan karena anda akan kehilangan keseimbangan. 

8. Menurun tajam
Posisi ini kebalikan dari menanjak, posisikan badan agak ke belakang dan duduk di atas jok. Gunakan gigi rendah sambil sekali - kali mainkan rem belakang. Dan untuk motor jenis 4 tak, engine brake dapat membantu pengereman. 

9. Setel kekerasan shockbreaker
Atur kekerasan shockbreaker dengan berat tubuh anda dengan memindahkan posisi setelan shock breaker sesuai dengan berat tubuh anda. 

0 Response to "TRIK DAN TIPS TUNGGANGI MOTOR TRAIL"

Post a Comment