SOLUSI MEMAKAI LAMPU HID, AKI JADI TEKOR



Banyak kalangan biker yang kurang puas dengan penerangan dari lampu standar motor, mereka beramai - ramai mengganti Bohlam lampu dengan tipe HID yang jauh lebih terang dari bohlam bawaan motor. Akan tetapi apabila kita ingin merubah lampu standar dengan lampu HID, kita harus merubah arus listrik pada motor kita yang semula AC menjadi DC. 

Contoh dari lampu yang menggunakan arus DC adalah pada motor suzuki Thunder 250, apabila kunci kontak On lampu depan langsung menyala karena arus listrik lampu depan suzuki Thunder 250 berasal dari aki atau sistem DC bukan berasal dari spul lampu atau sistem AC.

Permasalahan akan timbul apabila kita memindahkan aliran listrik lampu depan ke aki, aki akan tekor. Karena sebelumnya aki cuma menyuplai arus listrik untuk keperluan lampu sein, klakson, lampu spidometer, dan CDI. Sekarang malah di tambah beban arus listrik dari lampu depan dan lampu belakang dan lampu rem.

Solusinya bagaimana
Ganti kiprok motor dengan yang mempunyai kapasitas lebih besar, bisa pakai kiprok kepunyaan suzuki Thunder 250. Jika tidak ada, bisa pakai motor merk lain yang mengaplikasi lampu sistem DC.

Jika masih tekor juga mau tidak mau, harus menggulung ulang sepul pengisian aki agar arus pengisian lebih gede. Untuk urusan ini lebih baik anda serahkan pada ahlinya yaitu tukang gulung spul.

0 Response to "SOLUSI MEMAKAI LAMPU HID, AKI JADI TEKOR"

Post a Comment