DERETAN CAFE RACER PALING KEREN DI DUNIA


Cafe racer adalah salah satu aliran modifikasi yang tengah digemari di dunia modifikasi sepeda motor di tanah air. Aliran ini sudah dikenal di Indonesia sejak belasan tahun lalu. Kondisi yang melatarbelakangi lahirnya modifikasi ini seolah cocok dengan kondisi jalanan di Indonesia, khususnya daerah perkotaan. Mulai dari jalanan yang sempit, bergelombang dan beberapa macam rintangan yang menuntut pengendara dapat bermanuver dengan lincah.

Selain itu, modifikasi ini berkiblat makin ramping maka tampilan motor akan semakin baik pula citranya. Tentunya ini sangat cocok dengan postur tubuh pria di Indonesia yang tidak begitu tinggi besar. Bagi mereka yang berkantong tebal bisa saja langsung meminang motor beraliran cafe racerkeluaran terbaru dari pabrikan motor ternama. Di Indonesia masuk melalui mekanisme 'built-up', praktis harganya pun relatif mahal. 

Berikut adalah daftar 5 cafe racer versi produksi massal terkeren di dunia versi laman Visordown:

1. Triumph Thruxton dan Thruxton R


Triumph Thruxton dan Thruxton R adalah model yang menggantikan Triumph Thruxton 900 dengan mesin berpendingin cair berkapasitas 1.200 cc. Jika model standar, Triumph Thruxton, menggunakan fork konvensional dan fixed disc, sementara Thruxton R telah mendapat upgrade suspensi belakang Ohlins dengan upside-down Showa USD dan rem depan kaliper radial dengan floating disc keluaran Brembo.

Dapur pacunya menggunakan mesin berkapasitas 1.200cc SOHC four stroke twin yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 97 bhp pada putaran mesin 6.750 rpm dan torsi maksimum sebesar 112 N-m pada putaran 4.950 rpm.

2. BMW R NineT Racer


BMW R NineT Racer adalah salah satu dari dua iterasi terbaru motor retro bermesin boxer, model lainnya yakni R nineT Pure. Racer telah mengaplikasikan frame-mounted half-fairing, seat hump and rear-set, mengingatkan kita pada motor sport keluaran 1970-an yakni BMW R90S. Motor ini menggunakan mesin boxer twin-engine, berpendingin udara berkapasitas 1.170 cc yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 110 hp dan telah mengantongi standar limit emisi Euro4.

Uniknya, motor telah berbagi tubular steel frame 'modular' - front main frame, rear main frame dan removable pillion frame yang memungkinkan motor dapat dikustomisasi. BMW Motorrad juga telah membenamkan fitur traksi kontrol yang mereka namai Automatic Stability Control, yang hadir sebagai opsi, sementara fitur ABS adalah standar.

3. Ducati Scrambler Café Racer


Scrambler terbaru besutan Ducati yakni Ducati Scrambler Café Racer banyak mengambil inspirasi aliran modifikasi yang berkembang di Kota London, Inggris pada 1960-an yakni cafe racer. Pertama kali diperkenalkan ke publik di ajang pameran motor terkemuka di dunia yaitu EICMA show yang digelar di Kota Milan, Italia pada 2016.

Skema warna yang digunakan adalah 'Black Coffee' dan sentuhan lainnya seperti kaca spion yang terpasang di pinggir stang model clip-on bar, pelat nomor, nose fairing, dan stubby mudguard. Juga telah didukung pelek berdiameter 7-inci berwarna keemasan yang dipasangkan dengan ban Pirelli Diablo Rosso II. 

Mesin yang digunakan adalah L-twin berpendingin udara berkapasitas 803 cc yang juga digunakan oleh model Scrambler Icon, cover dengan trim hitam dan telah mengaplikasikan knalpot keluaran Termignoni. Untuk fork depannya menggunakan fork model upside-down dari Kayaba dan sistem pengereman menggunakan Brembo M4-32 dengan empat buah piston kaliper serta cakram semi-floating berdiameter 330 mm.

4. Triumph Street Cup


Triumph Street Cup adalah cafe racer besutan pabrikan motor asal Inggris yakni Triumph Motorcycles Ltd yang mengambil basis dari model Street Twin. Dapur pacunya menggunakan mesin parallel-twin, SOHC, berpendingin cair, delapan klep, berkapasitas 900 cc yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 55 hp dan torsi maksimum sebesar 59 lb-ft.

Kuda besi keluaran pabrikan motor yang berbasis di Kota Hinckley, Inggris ini memiliki torsi yang jauh lebih besar daripada output tenaganya. Torsi maksimumnya dapat dikail dengan mudah pada putaran mesin antara 3.000 dan 5.000 rpm. Tapi torsi puncaknya dapat diraih pada putaran mesin di atas 3.000 rpm.

5. Moto Guzzi V7 III


Kelahiran Moto Guzzi V7 III sekaligus sebagai kelahiran model untuk yang ke-50 tahun. Motor besutan pabrikan motor yang berbasis di Kota Mandello del Lario, Italia ini telah didukung mesin V-twin, berpendingin udara, berkapasitas 744 cc yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 52 hp dan torsi maksimum sebesar 4.25 lb-ft. Karena torsinya flat, menjadikan motor ini mudah untuk ditunggangi dan sangat berkarakter.

Kini telah memasuki iterasi ketiga dan telah disemati beberapa fitur terbaru seperti di antaranya crankshaft, ditambah sistem ventilasi dan pelumasan, alternator cover dan knalpot terbaru. Selain itu, rasio gear pada gearbox terbaru memiliki rasio gigi terbaru yakni pada gigi kesatu dan keenam. Moto Guzzi V7 III dalam empat versi yakni Stone, Special, Racer dan Anniversario - dibuat terbatas 750 unit saja.

0 Response to "DERETAN CAFE RACER PALING KEREN DI DUNIA"

Post a Comment