TRIK MUDAH ATASI MATIK HILANG KOMPRESI



Masalah motor matik tiba-tiba ngadat sering ditemukan. Makanya banyak pula oli yang ditawarkan khusus buat matik, tapi itu nggak ngaruh. Gejalanya pas lepas gas tiba-tiba motor mati, distarter enggak hidup-hidup.

Sekalipun motor tergolong baru alias masih dalam masa garansi 3 tahun. Bila dibongkar dan dicari sumber masalah akan ditemukan fakta kalau ring kompresi macet. Kemungkinan besar karena suhu mesin matik kelewat tinggi, sehingga ring tergencet pada gotnya ketika piston memuai. Akibatnya ring tidak bisa mekar, kompresi pun lolos ke crankcase.

Ciri-cirinya saat distarter kaki sangat mudah. Itu tanda kompresinya nggak ada. Tidak akan terjadi ledakan. Makanya enteng distarter yang biasanya sulit. 


Untuk mengatasi sementara sih gampang. Enggak perlu membongkar mesin. Cukup masukkan oli dari lubang busi. Ya businya dicopot dulu,  lalu distarter-starter sampai kompresi kembali.

Cara tersebut akan membuat oli dari lubang busi ini meresap di sela-sela ring, dan memaksa ring membuka kembali. Ingat, ini tips sementara! Dan yang ditunggu adalah solusi dari pabrikan. Apakah dengan mengatur ulang clearance alur ring kompresi, atau memperbaiki material piston. Kasus ini sudah banyak terjadi. Apalagi sekarang matik menjadi primadona.

0 Response to "TRIK MUDAH ATASI MATIK HILANG KOMPRESI"

Post a Comment