Ada trik bagi yang ingin meningkatkan performa motor biker yaitu dengan porting & polish. Apa sih yang di maksud porting & polish adalah langkah menghaluskan dan memperbesar lubang masuk (intake) & lubang keluar (exhaust) pada kepala silinder motor dengan tujuan untuk meningkatkan banyaknya campuran bahan bakar dan udara ke dalam dan keluar ruang bakar.
Seperti kita ketahui bersama lubang Intake dan Exhaust pada motor standar terdapat permukaan yang kasar menyerupai kulit jeruk, yang mengakibatkan terhambatnya aliran campuran bahan bakar yang akan masuk dan keluar dari ruang bakar.
Dalam teknik porting lubang hisap dan buang di kikis dan di perbesar, agar supaya aliran bahan bakar dan udara tidak terhambat menuju ruang bakar. Sedangkan polish (menghaluskan), berguna membantu meningkatkan efisiensi makanisme mesin pada waktu ruang bakar menghisap campuran bahan bakar dan udara, serta pada saat ruang bakar mengeluarkan gas buang.
Sebenarnya tekhnik ini adalah tekhnik lanjutan setelah kita mengganti knalpot motor kita dengan tipe freeflow atau biasa di sebut knalpot racing, dan di sertai setting kembali spuyer karburator.
Tekhnik porting & polish akan lebih terasa hasilnya apabila dibarengi dengan tekhnik mem-balance (kruk-as) mesin. Karena dengan membalance mesin, getaran dan gesekan antar komponen dapat di minimalisir. Sehingga performa motor meningkat dan akselerasi menjadi responsif
Mengapa pada motor standar lubang intake dan exhaust tidak halus dan keseimbangan (balance) mesin tidak sempurna ?Jawabannya kembali kepada faktor ekonomis. Pada Motor produksi
massal, akan sangat mahal apabila tiap unit kendaraan saluran Intake & exhaust nya di haluskan secara presisi dan memBalance mesin dengan getaran mendekati nol. Makanya dalam proses produksi massal biasanya diijinkan toleransi dalam batas wajar.
0 Response to "PENGARUH PORTING/POLISH & MANFAATNYA"
Post a Comment