Memodifikasi motor semakin lama semakin bertambah banyak saja. Tidak hanya memodifikasi onderdil tetapi juga memodifikasi sparepartnya. Salah satu sparepart yang sering di modif adalah gir ( gear ) dan rantai motor.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Memodifikasi motor dengan mengganti ukuran gir dan rantai banyak dilakukan di kalangan pemodif. Banyak pemodif yang mengganti dengan gir dan rantai yang lebih besar. Namun ada juga yang mengganti dengan ukuran gir dan rantai yang lebih kecil. Ada juga yang mengganti dengan ukuran gird an rantai lebih besar atau lebih kecil dengan asal. Penggantian ukuran gir dan rantai yang tidak sesuai bisa menyebabkan laju kendaraan terpengaruhi.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Setiap motor dengan penggerak roda menggunakan rantai pasti dibekali dengan jumlah mata gir yang berbeda-beda.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Jumlah mata gir sangat memengaruhi performa motor.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Mata gir bisa dihitung jumlahnya dari bagian ruas yang meruncing.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Setiap motor menggunakan gir depan, gir belakang dan rantai motor.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Gir Depan, Gir Belakang dan Rantai Roda sering kita temukan di bengkel atau toko sparepart dijual dalam bentuk paket. Istilah umum yang digunakan adalah Chain Set, Gir Set (Gear Set), Drive Chain atau Gir Paket (Gear Paket).
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
1. Ketiga komponen ini saling berhubungan, dengan demikian jika salah satu komponen gagal berfungsi baik akan mempengaruhi komponen lainnya. Jadi daripada mendapatkan resiko komplain masalah kualitas komponen satuan (yang mungkin disebabkan oleh komponen dari pabrikan lain), maka lebih baik dijual dalam satu kesatuan.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
2. Kecenderungan pemilik motor mengganti ketiga komponen secara bersamaan untuk memastikan kinerja motor tetap prima, daripada mendapatkan kendala dalam aktivitas rutin sehari-hari.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
3. Ukuran Gir Depan, Gir Belakang dan Rantai untuk masing-masing motor berbeda-beda dan tidak semua pengguna motor memahami mengenai ukuran ini.
han-otomotif.blogspot.com
Ukuran gir depan gir belakang rantai motor honda :
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
TIPE MOTOR
|
GIR DEPAN
|
GIR BELAKANG
|
RANTAI
|
GRAND
|
14 T
|
36 T
|
100 L
|
SUPRA
|
15 T
|
40 T
|
104 L
|
KHARISMA / SUPRAX 125
|
14 T
|
35 T
|
104 L
|
CS1
|
14 T
|
43 T
|
116 L
|
GLPRO NEO
|
14 T
|
46 T
|
112 L
|
GL MAX NT
|
14 T
|
41 T
|
112 L
|
SUPRA FIT NEW
|
14 T
|
36 T
|
106 L
|
REVO ABS / BLADE
|
14 T
|
37 T
|
102 L
|
MEGAPRO NEW
|
14 T
|
46 T
|
112 L
|
TIGER
|
13 T
|
43 T
|
106 L
|
CBR150
|
14 T
|
36 T
|
108 L
|
han-otomotif.blogspot.comPenjelasan
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
1. Huruf “T” dalam ukuran gir depan dan gir belakang motor adalah singkatan dari kata Toothatau bentuk jamaknya Teeth yang berarti adalah jumlah gigi dalam gir tersebut. 14 T misalnya, berarti kalau dihitung ada 14 gigi dalam gir tersebut. Jumlah Teeth yang lebih banyak secara visual kita memahami bahwa diameter gir lebih besar.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
2. Huruf “L” dalam ukuran rantai adalah singkatan dari “Length” yang berarti panjang. Huruf “L” kadang ada kadang tidak pada keterangan produk di kemasan. Kadang cukup dengan angkanya saja. 100 L atau 100 berarti ada 100 mata pada rantai. Jumlah mata dimaksud adalah jumlah lobang tempat masuknya gigi Gir.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
3. Ukuran rantai yang lengkap sering ada angka “428” sebagai default ukuran rantai. Ini adalah ukuran standar internasional untuk rantai. dimensi rantai
§ Angka pertama adalah pitch, yakni jarak antara keping rantai (“drive lug”) yang satu dengan yang lainnya untuk menyesuaikan agar gigi masuk sempurna di sela-sela rantai. Angka 4 berarti 4/8 inch, atau sekitar 12.7 mm. Kenapa dibagi 8, itu standar internasional, nggak perlu kita bahaslah ya.
§ Angka kedua adalah roller width, yakni lebar bushing. Angka 2 merepresentasi lebar sebesar 7.75 mm.
§ Angka ketiga adalah roller diameter, diameter bushing. Angka 8 merepresentasi diameter sebesar 8.51 mm.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
4. Kadangkala ditemui juga adanya angka H di belakang angka 428 pada point ketiga. Huruf “H” tersebut adalah singkatan dari “Heavy Duty”. Jadi kurang lebih artinya 428 H adalah versi heavy dutynya untuk 428. Ketebalan plat samping secara rata-rata berkisar 15% – 20% lebih tebal dari versi 428 standar.
0 Response to "Ukuran Gir Depan Gir Belakang dan Rantai Motor Honda"
Post a Comment