Pabrikan sepeda motor saat ini produksinya sudah mengusung teknologi injeksi, baik varian bebek motor sport maupun tipe skutik dan mobil sekalipun
Meski lebih canggih, tetapi ada pro-kontra yang mengatakan bahwa motor injeksi pantang kehabisan bensin karena bisa merusak fuel pump.
Menanggapi hal ini pastinya bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.
Saat ini teknologi injeksi sudah banyak mengalami perkembangan, tidak seperti saat pertama muncul
Habis bahan bakar hanya bikin mesin mogok karena tidak ada suplai bensin, selebihnya tidak sampai langsung membuat kerusakan berat pada mesin
Karenanya saat ini teknologi injeksi semakin canggih dengan beberapa pengembangan yang terus menerus
Saat kadar bahan bakar sudah menipis, sistem akan menurukan tekanan fuel pump, efeknya akan membuat motor sedikit tersendat yang berguna sebagai warning bagi pengguna motor.
Bila diteruskan, setelah bahan bakar benar-benar habis sistem akan langsung mematikan pasokan bensin ke fuel pump.
Dengan fuel pump yang menutup atau off otomatis, kerjanya tidak lagi berat. Artinya, sudah ada sistem untuk mengunci dalam kondisi tersebut
Saat motor sudah mati karena bahan bakar habis, cukup mengisi kembali bahan bakar.
Hal ini memang membutuhkan waktu agar sistem bisa kembali membaca
Hal yang harus dilakukan cukup menyalakan starter dalam kondisi on-off beberapa kali untuk memancing fuel pump kembali bekerja.
Biasanya akan terdengar suara mendenging, itu tanda pompa bahan bakar sedang bekerja memasok bensin ke selang dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran . Setelah semua normal motor akan hidup kembali
Namun sebisa mungkin hindari kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar dalam kondisi minim atau sampai habis bahan bakar, karena walau secara langsung tidak membuat kerusakan ekstrem, tapi bila dilakukan terus-menerus akan membuat usia injeksi berkurang.
0 Response to "TRIK & TIPS JIKA MOTOR INJEKSI KEHABISAN BENSIN"
Post a Comment